Simple Prima

Blogging Di 2021 : Simple, Fun, & Personal


Setiap tulisan memiliki pembacanya sendiri.
Secuplik kalimat di atas adalah satu yang bisa saya ingat dari kelas menulis di salah satu WAG beberapa waktu lalu. 

Mulai ngeblog sejak akhir 2016 dan gonta-ganti blog sampai akhirnya memutuskan hiatus untuk fokus kepada pekerjaan dan bisnis yang mulai dirintis, in the end, saya balik lagi ngeblog, dan dengan blog yang baru lagi. 

Selama beberapa waktu undur diri dari dunia blog, ada beberapa hal yang saya pelajari seperti menjalani hidup yang, sedikit, lebih penuh dibandingkan saat masih ngeblog.

Dulu, saat masih aktif ngeblog, dunia saya seolah hanya tertuju pada blog. Mulai mikirin mau nulis apa lagi, blog jujugan untuk blogwalking, hingga nggonta-ngganti template blog.

Dari bangun tidur hingga tidur lagi yang ada di kepala saya cuma blog, blog, dan blog.

What an imbalance life.

Hingga akhirnya setelah menarik diri dari blog dan mulai menjalani hidup tanpa blog, I realize that I was so wrong.

Jadi, mau nggak mau harus diperbaiki dan...dengan cepat. Soalnya saya sudah tertinggal jauh.

Beberapa saat setelah saya mulai terbiasa hidup tanpa blog, kangen juga nulis dan ngeblog lagi. Sempat beralih ke Medium dengan pertimbangan nggak akan tergoda untul gonta-ganti template, akhirnya balik lagi ke Blogger. Karena gimana-gimana gatel juga pengen nguthekin template.

Namun belajar dari kesalahan-kesalahan ngeblog sebelumnya, saya ingin membuat rule of thumbs buat saya pribadi dalam ngeblog. Saya memilih menuliskan rules ini di postingan kali ini karena, ternyata sesuatu yang dituliskan itu lebih diingat daripada sekedar dibatin.

Long story short, berikut ini adalah rule of thumbs saya dalam aktivitas blogging saya kali ini:
  • Dibuat simpel, maksudnya kali ini saya nggak terlalu ngoyo ngeblog biar bisa muncul di halaman pertama Google. Yang simpel aja, as long as isinya bukan ghibah unfaedah.
  • Dibuat fun, ngeblog konsisten memang penting. Namun, nggak perlu terlalu obsesif harus ngeblog 24/7. Make it fun aja.
  • Make it personal, yang artinya...karena ini blog pribadi, jadi isinya ya kalau nggak pengalaman pribadi ya pendapat/opini pribadi. Bukan artikel/esai super ilmiah dan njelimet.

Karena itu saya pun tahu diri kalau blog ini pastinya bukan untuk semua orang. Walau pun, semua orang boleh kok mampir di sini.

Saya juga nggak mau muluk-muluk berjanji bahwa dengan membaca blog ini, kamu akan jadi Superman atau Batman. No you won't

So, dengan aturan main seperti itu, saya memutuskan untuk lebih selektif dalam hal untuk siapa saya menulis. If you're not one of them, nggak apa-apa kok kalau nggak stay lama-lama di sini.

Untuk siapa saya menulis?
  1. Allah SWT;
  2. Diri saya sendiri;
  3. Keluarga saya;
  4. Sahabat-sahabat yang baik hatinya.

Semoga para pembaca yang saya sebutkan di atas, merasa terhibur dan mendapat sesuatu yang baik dari blog sederhana ini. 

That's all I can expect from now on and going forward. 😊

[ADS] Bottom Ads

Mandira

Pages